Nasional

Pilkades Serentak 182 Desa di Probolinggo dan Bangkalan Terapkan Prokes

INDOPOSCO.ID – Dua kabupaten di Jawa Timur (Jatim), yakni Probolinggo dan Bangkalan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 182 desa, Minggu (2/5/2021). Pilkades yang digelar di 39 kecamatan itu diikuti 540 calon kepala desa.

Tercatat di Probolinggo sebanyak 490 tempat pemungutan suara (TPS) dengan total pemilih 178.241 orang dan di Bangkalan sebanyak 747 TPS dengan total pemilih 324.590 orang. Pemilih di setiap TPS sudah sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pilkades Serentak di era pandemi Covid-19, yakni maksimal 500 orang.

Pelaksanaan pilkades serentak ini dipantau langsung oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo secara virtual di lantai 2 Gedung C Kemendagri. Kegiatan tersebut dihadiri Pejabat Perwakilan Jatim yang membidangi pilkades dan 11 pemerintah kabupaten pelaksana Pilkades 2021 di Jatim.

“Pelaksanaan pilkades serentak di Probolinggo dan Bangkalan yang berjalan dengan aman, menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan dengan berbagai inovasi ini diharapkan menjadi input dan bahan evaluasi kabupaten lain agar dapat lebih baik melaksanakan pilkades serentak di wilayah masing-masing,” ujar Yusharto.

Selain memantau secara virtual, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa juga mengirimkan dua tim secara langsung ke lapangan dari Balai Besar Pemerintahan Desa Malang untuk memantau penerapan prokes di desa sampel.

Pilkades Serentak 182 Desa Di Probolinggo Dan Bangkalan Terapkan Prokes
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo.

Untuk tim yang bertugas di Desa Mertajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan dipimpin oleh Endang Rahayu. Sedangkan tim yang bertugas di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo dipimpin oleh Mei Wulandari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button