Nasional

PGRI: Kita Kehilangan Roh Pendidikan dalam Kehidupan Berbangsa

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (Ketum PB PGRI) Prof Unifah Rosyidi melihat kondisi pendidikan Indonesia saat ini secara kuantitas menakjubkan. Terdapat capaian yang luar biasa dalam kesempatan akses pendidikan.

Kendati, bila mengacu pada frasa tujuan bernegara dalam kontitusi, yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa”, maka pencapaian tujuan itu masih jauh panggang dari api.

“Jika kita menggunakan indikator mutu pendidikan yang disepakati secara internasional, kualitas pendidikan Indonesia masih belum membanggakan. Peringkat Indonesia dalam Human Development Index (HDI), Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS), serta Programme for International Student Assessment (PISA), berada pada posisi menengah bawah, dan rendah,” beber Unifah Rosyidi, Minggu (2/5/2021).

Dari indikator tersebut, menurutnya, masih terlalu banyak pekerjaan rumah (PR) di sektor Pendidikan yang harus diselesaikan. Lebih memprihatinkan dari sisi karakter, dikatakan dia, mraknya korupsi bahkan mulai dari kalangan milenial, penggunaan narkoba, tawuran, kekerasan hingga pelanggaran lalu lintas.

“Ada yang harus diluruskan dalam dunia pendidikan bangsa ini. Parahnya kini nasionalisme memudar di sebagian kalangan,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button