Nasional

Mentan: Lawan Covid dengan Ketersediaan Pangan yang Mantab

Panen Padi di Pulang Pisau

INDOPOSCO.ID – Food Estate merupakan upaya Kementerian Pertanian menjawab peningkatan pertumbuhan penduduk dan kebutuhan pangan dengan mengoptimalkan lahan-lahan marjinal. Seperti lahan rawa pasang surut untuk memacu produksi melalui perluasan areal dan peningkatan produktivitas.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kita harus menggunakan cara-cara baru dengan pendekatan teknologi dan memperluas skala cara bertani kita,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat kunjungan kerja di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Rabu (10/2/2021).

Total areal food estate di Kalimantan Tengah adalah 164.598 hektar. Sedangkan untuk Kabupaten Pulang Pisau sendiri adalah 10 ribu hektar.

Berita Terkait

Syahrul mengungkapkan, pengelolaan dan penanganan pertanian setiap daerah tidaklah sama. “Persoalan pertanian itu selalu dinamis. Jadi, kelompok tani harus lebih kuat. Yang perlu diperhatikan itu adalah saling kerja sama, jangan saling menyalahkan dan sempurnakan yang kurang,” kata dia, yang didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, dan jajaran pejabat eselon satu Kementerian Pertanian menyaksikan panen padi di kawasan food esate Kalteng dalam kunjungan kerjanya.

Syahrul menyampaikan, food estate Kalimantan Tengah bisa menjadi sesuatu yang besar. Tantangannya menurutnya adalah serangan hama, cuaca yang ekstrim dan kerajinan petaninya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button