Nasional

Wamen ATR/Waka BPN Tinjau Potensi Pendukung Pembangunan Jawa Bagian Selatan

INDOPOSCO.ID – Pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa Bagian Selatan atau yang biasa disebut dengan JBS, mulai difokuskan lagi pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal Ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan dan ketimpangan antara Jawa Bagian Utara dan Jawa Bagian Selatan. Salah satu wilayah yang berpotensi dalam mendukung pembangunan Jawa Bagian Selatan adalah wilayah Sukabumi.

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi, Jumat (5/2/2021), melakukan survei ke kantor pertanahan yang ada di wilayah Sukabumi, baik itu Kota maupun Kabupaten. Tujuannya adalah agar mendengar secara langsung kondisi pertanahan di wilayah Sukabumi dalam mendukung pembangunan Jawa Bagian Selatan, sekaligus meninjau kondisi infrastruktur dari kantor pertanahan setempat.

Setelah mendengar kondisi pertanahan di wilayah Sukabumi, Wamen ATR/Waka BPN mengatakan bahwa untuk melakukan pembangunan di wilayah Sukabumi, terdapat tantangan yang cukup berat yaitu Sukabumi merupakan wilayah rawan bencana.

“Kalau di sini saya kira tantangan terberatnya karena daerah ini rawan bencana jadi memang perlu menjadikan bencana itu bagian integral dari perencanaan pembangunan di sini, tidak bisa asal-asalan. Nah, untuk bisa menjadi bagian integral harus paham peta geologisnya, data geologisnya, dan detail itu bisa nanti dikombinasikan dengan rencana tata ruang, jadi digabung di situ jadi sudah memahami itu, tata ruang langsung menata yang akan diikuti dengan pelaksanaannya yang efektif,” jelas Surya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa daerah rawan bencana bukan berarti sama sekali tidak bisa dibangun, tetapi bisa dilakukan dengan strategi mitigasi di awal perencanaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button