Megapolitan

DAS Ciliwung Rusak, Mari Lestarikan Bumi di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Sungai Ciliwung merupakan sungai yang mengalami perusakan signifikan dibanding sungai-sungai lain yang ada di Jakarta. Ini karena DAS (Daerah Aliran Sungai) di bagian hulu, yaitu di Puncak dan Bogor juga mengalami kerusakan cukup berat. Sementara DAS di daerah Jakarta juga banyak mengalami penyempitan dan pendangkalan yang menjadi potensi penyebab banjir.

Sebagai upaya pelestarian dan perbaikan kualitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Apical Group, salah satu eksportir minyak kelapa sawit berkelanjutan yang merupakan bagian dari perusahaan RGE grup, bersama-sama dengan komunitas Ciliwing-Depok melaksanakan program bersama di tengah pandemi untuk terus dapat menjaga keaneka ragaman hayati dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar Sungai Ciliwung.

Inisiasi ini mengacu kepada arahan pemerintah untuk melakukan pembangunan di daerah Kawasan Ciliwung-Depok untuk diberlakukan sebagai kawasan cagar budaya dengan menerapkan koefisien dasar ruang 80:20. Perhitungan ini diterapkan dengan 80 persen sebagai ruang terbuka hijau, dan 20 persen untuk penggunaan ruang yang boleh dibangun.

Kegiatan penanaman 100 pohon ini dibuka General Manager Apical Group, Lim Teck Guan melalui penanaman pohon secara simbolis serta penyerahan satu buah gerobak health food, dimana sumber material berasal dari kebun/ hasil tanaman di daerah Ciliwung. Pada saat yang bersamaan, Apical Group juga membuka saung edukasi masyarakat di tempat yang sama untuk para pengunjung dan generasi muda yang datang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button