Internasional

Presiden Biden Larang Pejabat Nikaragua Datang ke AS

INDOPOSCO.ID – Presiden Joe Biden pada Selasa (16/11) melarang anggota pemerintah Nikaragua datang ke Amerika Serikat saat dirinya menerbitkan dekret yang lebih luas dalam menanggapi pemilu yang dianggap Washington curang dan mendukung Presiden Nikaragua Daniel Ortega.

Larangan perjalanan itu berlaku bagi seluruh “pejabat terpilih” Nikaragua, termasuk Ortega dan istri, Wakil Presiden Rosario Murillo, selain anggota pasukan keamanan, hakim, wali kota dan lainnya yang dinilai merusak demokrasi di negara Amerika Tengah itu.

Baca Juga : Biden Tunjuk Mantan Wali Kota New Orleans Pimpin Proyek Infrastruktur

“Tindakan represif dan kejam dari pemerintah Ortega dan para pendukung memaksa Amerika Serikat untuk bereaksi,” kata Biden dalam dekret tersebut.

Perintah Biden muncul sehari setelah AS, Inggris, dan Kanada menjatuhkan sanksi yang menargetkan pejabat Nikaragua. Sanksi diberlakukan sebagai respons terhadap pemilu 7 November yang dianggap banyak negara memalukan.

Baca Juga : Xi Jinping Akan Bertemu Joe Biden Via Aplikasi Video

Sanksi diberikan setelah Ortega kembali terpilih untuk masa jabatan keempat berturut- turut setelah menjebloskan musuh politiknya dan menindak keras media yang bersikap kritis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button