Internasional

Krisis Kemanusiaan Jadi Fokus Utama Pembahasan KTT G20 Afghanistan

INDOPOSCO.ID – Perdana Menteri Italia Mario Draghi akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak khusus Kelompok 20 ekonomi utama pada Selasa (12/10/2021) untuk membahas Afghanistan. Karena kekhawatiran yang meningkat tentang bencana kemanusiaan setelah kembalinya Taliban merebut kekuasaan negeri itu.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 15 Agustus, negeri itu telah mengalami kehancuran di sektor ekonomi sehingga meningkatkan eksodus pengungsi.

Konferensi video, yang akan dimulai pukul 1 siang waktu setempat, akan fokus pada kebutuhan bantuan, kekhawatiran atas keamanan dan cara- cara menjamin perjalanan yang aman ke luar negeri bagi ribuan warga Afghanistan yang masih berada di negaranya.

“Memberikan dukungan kemanusiaan sangat mendesak bagi kelompok yang paling rentan, terutama perempuan dan anak-anak, dengan tibanya musim dingin,” kata seorang pejabat yang mengetahui agenda G20 seperti dikutip Antara, Selasa (12/10/2021).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan bergabung dengan KTT itu, menggarisbawahi peran sentral yang diberikan kepada PBB dalam mengatasi krisis.

Italia, yang memegang kepresidenan G20, bekerja keras untuk mengatur pertemuan itu dalam menghadapi pandangan yang sangat berbeda tentang bagaimana menangani Afghanistan setelah penarikan pasukan AS dari Kabul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button