Headline

Pj Gubernur DKI Harus Netral dan Berintegritas

INDOPOSCO.ID – Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo berpendapat bahwa penjabat Gubernur DKI Jakarta harus memiliki kriteria, yakni sosok yang netral, berintegritas, dan profesional.

“Pj Gubernur DKI harus memiliki kriteria netralitas, berintegritas, dan profesional,” kata Ari saat menjadi narasumber diskusi publik bertajuk “Mencari Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan: Siapa Cocok?”, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (12/9).

Menurut dia, kriteria tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya politik identitas, seperti pada Pilkada 2017 lalu dan agar penunjukan penjabat Gubernur DKI Jakarta dapat pula menjadi contoh konkret peneguhan politik kebangsaan untuk melawan politik identitas.

Adapun untuk mendapatkan penjabat Gubernur DKI Jakarta yang netral, menurut narasumber berikutnya yakni Direktur Eksektutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana, penunjukan tersebut dari unsur aparatur sipil negara (ASN) karena ASN selama ini mengemban amanat menjalankan pemerintahan secara profesional sebagai birokrat.

Bahkan, tambah dia, pejabat ASN tidak memiliki kepentingan dalam polarisasi politik kubu satu dengan lainnya sehingga mereka dapat menjadi sosok penyeimbang bagi perpecahan politik yang terjadi di Jakarta.

Aditya selanjutnya berpendapat penjabat Gubernur DKI Jakarta juga harus menjadi komunikator dan kolaborator yang baik dalam lingkup pusat, daerah, ataupun berbagai kelompok masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button