Headline

Wacana Tunda Pemilu Ciptakan Kegaduhan dan Ketidakpastian

INDOPOSCO.ID – Wacana menunda Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan usulan memperpanjang masa jabatan presiden dapat menciptakan kegaduhan, ketidakpastian, dan ketidakpercayaan rakyat, kata Peneliti Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. R. Siti Zuhro.

Oleh karena itu, dia meminta para elite politik berhenti menciptakan polemik terkait dengan pemilu karena mereka punya tugas yang lebih penting, di antaranya memajukan Indonesia dan menyejahterakan rakyat.

“Mereka ini, baik partai politik, DPR, DPD RI, MPR RI, dan Pemerintah semestinya berhenti mewacanakan topik-topik yang ujung-ujungnya menciptakan polemik dan kontroversi serta upaya untuk melanggengkan kekuasaan semata,” kata Siti Zuhro pada acara diskusi yang digelar secara virtual oleh Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia sebagaimana diikuti di Jakarta, Senin (28/2).

Baca Juga : Penundaan Pemilu Merupakan Pembangkangan Konstitusi

Ia lmengingatkan sejarah politik di Indonesia telah menunjukkan bahwa wacana-wacana kontroversial yang mengancam demokrasi dan semangat reformasi hanya berujung kekacauan (chaos).

“Kalau dipaksakan chaos, rusuh nanti,” tegas Siti Zuhro pada Senin (28/2), seperti dikutip Antara.

Dalam acara itu, dia mengajak seluruh pihak, terutama para elite politik, untuk mengingat kembali amanat reformasi selepas tumbangnya rezim Orde Baru pada tahun 1998.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button