Headline

Soal Kabar Vaksinasi Anak sebagai Kelinci Percobaan, Begini Tanggapan Satgas Covid 19

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan kabar bohong yang mengatakan vaksinasi pada kelompok anak usia 6-11 tahun di Indonesia sebagai kelinci percobaan.

“Saya ingin menegaskan bahwa vaksin yang tertuju untuk anak usia 6 sampai 11 tahun adalah usaha perlindungan ekstra bagi anak-anak dan orang-orang di sekelilingnya,” kata Wiku Adisasmito seperti dikutip Antara, Kamis (23/12/2021).

Wiku mengatakan belakangan ini muncul video yang beredar dengan deskripsi vaksinasi menjadikan anak- anak sebagai kelinci percobaan. Ia memastikan bahwa itu adalah hoaks yang sangat tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Animo Masyarakat ke Luar Negeri Tinggi, Kebutuhan Fasilitas Karantina Diprediksi Naik

Untuk menanggapi hoaks tersebut, Wiku menguraikan sejumlah fakta yang mematahkan anggapan tersebut. Pertama, vaksin Sinovac, baik yang langsung dibuat di China atau CoronaVac maupun yang diolah oleh PT Biofarma di Indonesia telah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat (EUA) serta penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Ia mengatakan persetujuan penggunaan darurat diberikan kepada obat atau vaksin Covid-19 yang masih dalam tahap pengembangan di masa pandemi semata- mata untuk memberikan perlindungan terbaik bagi seluruh masyarakat termasuk anak-anak usia 6-11 tahun di tengah potensi penularan Covid-19 yang masih tetap ada.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button