Headline

P2G: Upah Guru Honorer Masih Sangat Rendah

INDOPOSCO.ID – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai standar upah minimum nasional bagi guru non-aparatur sipil negara (ASN).

Permintaan itu bertepatan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, sekaligus membuat agar tata kelola guru Indonesia makin baik dan berkeadilan.

“Urgensi Perpres ini untuk melindungi dan menjamin kesejahteraan guru bukan ASN yaitu, guru honorer termasuk guru sekolah atau madrasah swasta,” kata Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Meskipun sudah ada guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagian dari ASN, namun belum mengakomodir keberadaan guru honorer yang hampir 1,5 juta orang.

“Seleksi guru PPPK baru menampung 173 ribu guru honorer, dari formasi yang dibuka 506 ribu secara nasional,” ucap Satriwan.

Ia menjelaskan, fakta di lapangan upah guru honorer dan guru sekolah atau madrasah swasta menengah ke bawah sangat rendah, jauh di bawah UMP atau UMK Buruh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button