Konsumen Peduli Halal, Dorong Penghargaan Digital Halal Brand dan Consumer Choice 2025

INDOPOSCO.ID -Saat ini, masyarakat Indonesia dan dunia semakin sadar akan pentingnya memilih produk dan layanan halal, bukan sekadar sebagai pemenuhan syariat, tetapi juga sebagai gaya hidup yang menjunjung nilai etika, kesehatan, dan keberlanjutan.
Transformasi digital telah mempercepat perubahan tersebut-kini, keputusan konsumen dipengaruhi oleh informasi yang mereka temukan secara daring, oleh rekomendasi netizen, dan oleh reputasi brand di dunia maya.
Dari situ, tercipta tren pasar halal yang menunjukkan sikap peduli bahkan kritis terhadap legalitas halal sebuah produk.
Prof. Dr. KH. Nadirysah Hosen LL.M., MA (Hons), Ph.D selaku Founder Yayasan Khazanah GNH dan akrab disapa Gus Nadir ini menyatakan bahwa saat ini tren pasar halal sudah tumbuh di seluruh dunia. “Dan harus diakui, trennya makin membesar. Oleh sebab itu perlu ada pemahaman dan strategi khusus untuk mengembangkan industri halal lebih besar lagi,” ujarnya.
Lebih lanjut Gus Nadir menyebutkan bahwa setidaknya ada Ada 3 faktor yang membuat eksositem halal global bertumbuh. Pertama adalah peningkatan populasi Muslim dunia yang saat ini mencapai hampir dua miliar orang. Kedua, kesadaran masyarakat atau konsumen dunia akan produk yang aman dan higienis juga meningkat. Dan yang ketiga adalah komitmen dari perusahaan untuk menciptakan produk berlabel halal.
Berangkat dari ketiga faktor tersebut akhirnya mendorong Yayasan Khazanah Gus Nadirsyah Hosen (YKGNH) bersama Halaltoday.id menggelar acara seminar nasional “Global Halal and Fatwa Standardization in the Modern World”.
Di acara tersebut juga terangkai kegiatan awarding yang penting bagi para pelaku industri dan usaha yakni Digital Halal Brand dan Halal Brand Consumer Choice Award 2025.
Rofian Akbar, Pemimpin Redaksi Halaltoday.id menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan kesungguhan yang sejalan untuk bersama sama menjalankan usaha dengan komitmen halal tinggi.
“Harus diakui, pertumbuhan ekosistem halal dunia sudah lintas industri. Tidak terbatas pada industri makanan tapi sektor lain yakni fashion, farmasi, kosmetik, dan pariwisata juga tumbuh signifikan sehingga harus ada komitmen yang tinggi untuk mewujudkannya,” katanya.
Atas dasar itu, sebagai bentuk komitmen mendukung ekosistem halal Indonesia menjadi yang terdepan di dunia, YKGNH bersama Halaltoday.id dan perusahaan riset Astrabuana Sendhang Pranawa mempersembahkan penghargaan Digital Halal Brand dan Halal Brand Consumer Choice Awards 2025.
“Penghargaan ini kami berikan untuk brand atau produk-produk halal yang menjadi pilihan consumer di ranah digital di berbagai kategori,” imbuh Rofian Akbar.
Hari Ambari, S.Hum, M.Kom Diretur Eksekutif Astrabuana melanjutkan bahwa keberhasilan brand halal tidak hanya diukur dari angka semata, namun juga dari dedikasi, inovasi, dan komitmen dalam menjaga integritas kehalalan produknya.
Dua Penghargaan Besar
Digital Halal Brand Award dan Halal Brand Consumer Choice Award 2025 hadir bukan hanya sebagai penghargaan simbolis, melainkan sebagai pengakuan nyata atas brand yang konsisten menjaga KEHALALAN, terus BERINOVASI, dan mampu membangun kepercayaan masyarakat di tengah arus perubahan digital.
Selain yang telah disebutkan Penghargaan Halal Brand Consumer Choice Award 2025 juga sebagai pengakuan masyarkat terhadap Brand-brand yang mempunya persepsi postif dan menjadi pilihan para netizen.
Lebih dari itu, penghargaan ini menjadi pemicu semangat agar brand lain juga terinspirasi untuk bergerak ke arah yang sama—menyediakan produk halal yang terpercaya, terjangkau, dan mudah diakses oleh siapa pun.
“Penghargaan ini adalah momentum emas bagi setiap brand untuk naik kelas di mata konsumen,” tambah Rofian Akbar.
Dengan menjadi pemenang atau nominee, brand mendapatkan pengakuan luas yang secara langsung meningkatkan kepercayaan publik. Tak hanya itu, brand dapat memperkuat kredibilitas di pasar digital dan memperluas jangkauan, baik nasional maupun global.
Semangat inovasi akan terus tumbuh karena adanya dorongan dari komunitas halal dan netizen untuk menghadirkan layanan serta produk yang lebih baik.
Umpan balik ini menjadi bahan bakar untuk melakukan transformasi berkelanjutan—menyesuaikan strategi, memperbaiki kekurangan, dan mengukuhkan posisi brand sebagai pilihan utama masyarakat modern yang kritis dan cerdas.
“Dari dua penghargaan ini, brand berkesempatan memperoleh insight langsung dari suara konsumen digital,” tutup Rofian Akbar.
Acara ini sendiri akan berlangsung pada 25 September mendatang di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Selatan. So, don’t miss it! (ibs)