Ekonomi

LPS: Jakarta Tetap Produktif dan Resilien di Tengah Berbagai Tantangan

INDOPOSCO.ID – Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Lana Soelistianingsih menilai Provinsi DKI Jakarta mampu memberikan kontribusi dan tetap menunjukkan resiliensi di tengah berbagai tantangan, lantaran sektor perbankan DKI Jakarta konsisten menunjukkan pertumbuhan positif.

“Ini ditandai oleh tumbuhnya dana pihak ketiga (DPK) bank umum di DKI Jakarta yang banyak didukung dari tumbuhnya giro sehingga mengindikasikan DPK siap digunakan untuk menopang aktivitas ekonomi,” ujar Lana dalam Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (15/12), dikutip dari Antara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan III-2022 ekonomi DKI Jakarta tumbuh 5,94 persen dibanding periode sama tahun lalu (year-on-year/yoy), yang banyak didukung dari tingginya permintaan domestik, di antaranya konsumsi rumah tangga, investasi masyarakat, kegiatan ekspor, serta mulai bangkit dan tumbuhnya lapangan usaha antara lain di bidang pariwisata, telekomunikasi, dan transportasi di ibu kota negara.

Berita Terkait

Lana mengatakan, pihaknya juga telah melakukan penetapan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) untuk periode Desember 2022 bagi simpanan dalam rupiah di bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), yakni TBP rupiah di bank umum sebesar 3,75 persen dan valuta asing (valas) naik menjadi 1,75 persen.

Kemudian, TBP simpanan rupiah di BPR menjadi 6,25 persen. Penyesuaian TBP tersebut akan berlaku untuk periode 9 Desember 2022 sampai 31 Januari 2023.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button