Ekonomi

Tingkatkan Kerja Sama Investasi, KADIN Pimpin Forum B20 Indonesia Kunjungi Kanada

INDOPOSCO.ID – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang memimpin Forum B20 Indonesia, berkunjung ke Kanada guna meningkatkan investasi serta penguatan kerja sama bilateral dalam bidang perdagangan, kesehatan, digital dan transisi energi.

Mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia ditunjuk sebagai Presidensi untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 yang akan diselenggarakan di Bali pada 13-14 November 2022.

Bersamaan dengan itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) memimpin forum B20. Business Twenty atau B20 adalah forum dialog resmi komunitas bisnis global dalam rangka Presidensi G20 Indonesia. Melalui kehadiran para pelaku bisnis internasional dan CEO global di penjuru dunia, B20 mencerminkan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Sebagai bagian dari agenda, forum B20 melakukan perjalanan roadshow ke negara-negara anggota G20, termasuk Kanada. Roadshow ini bertujuan membahas potensi kolaborasi, percepatan kerja sama dan kurasi kebijakan yang selanjutnya akan dibahas lebih lanjut pada KTT G20.

Dalam lawatan ke Kanada, hadir jajaran delegasi pengurus KADIN Indonesia antara lain yaitu, Arsjad Rasjid (Ketua Umum KADIN), Shinta W. Kamdani (Ketua B20 yang juga Wakil Ketua Umum (WKU) KADIN Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi dan Luar Negeri, Bernardino M. Vega (Wakil Ketua Umum (WKU) KADIN Bidang Hubungan Internasional), Diono Nurjadin (Ketua KADIN Komite Tetap Amerika), Anne Patricia Sutanto (Ketua KADIN Komite Tetap Perjanjian Internasional) dan Millie Lukito (Ketua KADIN Komite Bilateral Indonesia – Kanada).

Tingkatkan Kerja Sama Investasi, KADIN Pimpin Forum B20 Indonesia Kunjungi Kanada

Mereka bertemu langsung para komunitas bisnis dan pimpinan perusahaan Kanada guna membahas lebih jauh potensi kolaborasi masa depan antara Indonesia dan Kanada. Pertemuan ini dipimpin dan difasilitasi langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak.

Dalam pernyataannya, Shinta Kamdani, selaku Ketua Penyelenggara B20 Indonesia yang juga Wakil Ketua Umum (WKU) KADIN Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi dan Luar Negeri mengungkapkan, pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanan pengurus KADIN Indonesia ke Amerika Serikat dan Kanada, untuk lebih meningkatkan peluang investasi serta memperkuat hubungan bilateral perdagangan yang telah terjalin baik selama ini.

“Sebagai forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global, B20 Indonesia akan merumuskan rekomendasi kebijakan global pada aspek transisi energi dan keuangan berkelanjutan. Kami juga berupaya mendorong negara maju dan berkembang untuk berbagi teknologi secara kolaboratif dan mengembangkan infrastruktur berkelanjutan guna memastikan kecepatan transisi net-zero emission yang merata di seluruh dunia,” jelas Shinta W. Kamdani yang juga CEO Sintesa Grup.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button