Ekonomi

MoU BNI Dan HOI, Menteri Teten Apresiasi Produk Unggulan Tembus Pasar Australia

INDOPOSCO.ID Kementerian Koperasi dan UKM siap memfasilitasi UKM unggulan untuk masuk dalam platform kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan House of Indonesia (HOI) Econesia Proprietary Limited, terkait penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU tentang Pengadaan Ekspor dan Penggunaan Produk-Produk Unggulan Indonesia di Australia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turut menyaksikan kerja sama yang dilakukan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar bersama Direktur HOI Econesia Vidi Vinandar. Yang turut dihadiri, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi, Jumat (17/12).

Menteri Teten memberikan apresiasi yang tinggi terhadap MoU tersebut. Ia berharap, setelah ditandatangani kerja sama ini, pihak bersama seluruh pihak terkait tancap gas mempersiapkan UKM yang memang telah memenuhi syarat dan memiliki potensi ekspor ke Australia.

Baca Juga : Kembangkan UMKM, KemkopUKM Kerja Sama dengan Enam BUMN

“Semoga ekspor ke Australia ini bisa lebih cepat dan mudah. Karena banyak warga negara Australia yang sudah lebih mengenal produk-produk Indonesia. Nanti dari Australia ini akan lebih mudah bagi kita untuk masuk ke Belanda, maupun Amerika Serikat. Terutama Amerika bagian selatan seperti San Francisco dan Los Angeles. Karena di sana banyak penduduk Asia yang selera nya mirip-mirip dengan Indonesia,” kata Teten.

Hal ini juga sambungnya, sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan kontribusi UMKM terhadap ekspor yang baru sebesar 14,37 persen. “Di mana kita punya target ekspor UMKM hingga 19 persen tahun depan,” ucapnya.

MenKopUKM juga meminta untuk terus memperkuat model bisnis serta pembiayaan bagi UKM potensi ekspor. Serta memperbaiki sistem logistik yang ada saat ini, di mana terdapat beberapa kendala. Mulai dari izin usaha hingga ketersediaan kontainer.

Baca Juga : Modernisasi Koperasi TKBM Perkuat Tujuan Indonesia Poros Maritim Dunia

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button