Ekonomi

Pemerintah Dorong Peningkatan Wirausaha Muda Perkuat Ketahanan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong peningkatan wirausaha muda untuk memperkuat ketahanan ekonomi dalam menciptakan pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan di Indonesia.

“Sampai tahun 2024, kami mengharapkan ada pertumbuhan 1,5 juta wirausaha baru dan dalam waktu 3 tahun ini kami harus mencapai target 500 ribu wirausaha per tahun,” tutur Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, seperti dikutip oleh Antara, Jumat (3/12/2021).

Siti menjelaskan target perbandingan kewirausahaan Indonesia pada tahun ini sebesar 3,55 persen, lalu meningkat menjadi 3,95 persen pada 2024 sebanding dengan 11,2 juta orang atau 17,45 persen dari seluruh pelaku UMKM.

Baca Juga : Sinergi KemenKopUKM Usung Gernas BBI Perkuat Transformasi Digital UMKM di Maluku

Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung penumbuhan wirausaha produktif telah ditargetkan pertumbuhan wirausaha sebesar 2,5 persen pada 2021 dan 4,0 persen pada 2024, serta penumbuhan 50 perusahaan rintisan atau startup pada 2021 dan 500 startup di 2024.

Pemerintah terus berusaha menanggulangi berbagai tantangan pengembangan kewirausahaan di Indonesia melalui peningkatan pendidikan atau identifikasi kewirausahaan sejak dini, meningkatkan ekosistem kewirausahaan yang membantu UMKM mengadopsi teknologi dari usaha yang lebih besar, dan standarisasi basis data UMKM yang tersebar.

Pemerintah juga memberikan literasi digital bagi masyarakat agar mengenali berbagai bisnis baru di tengah perkembangan ekonomi digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button