Ekonomi

Pelaku Pariwisata Didorong Manfaatkan QRIS

 

INDOPOSCO.ID – Pelaku pariwisata didorong menggunakan “Quick Response Code Indonesian Standard” (QRIS) untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang terperosok akibat pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Mukhamad Misbakhun saat menjadi pembicara kunci seminar bertema “Bangga Wisata Indonesia: Perluasan Penggunaan QRIS untuk Pemulihan Sektor Pariwisata” yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Jawa Timur, Selasa (16/11/2021), seperti diambil dalam siaran persnya.

QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Menurut ia, pemanfaatan teknologi dalam kegiatan ekonomi merupakan keniscayaan. BI telah meluncurkan QRIS pada Agustus 2019 dan pemanfaatannya semakin luas.

“Dalam perkembangan terakhir, QRIS sudah bisa digunakan orang asing yang datang ke Indonesia. Saat ini terdapat dua jasa pembayaran di luar negeri yang bekerja sama dengan jasa pembayaran lokal, sehingga ketika (turis asing) datang berwisata ke Indonesia tidak perlu menukar mata uang asingnya, tetapi langsung bisa menggunakan QRIS,” ujar anggota Komisi XI DPR RI ini.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak ini mendorong perluasan penggunaan QRIS di bisnis pariwisata sehingga wisatawan lebih mudah dalam melakukan pembayaran untuk transportasi, akomodasi, tiket destinasi, pementasan, dan saat berkuliner.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button