Ekonomi

Pemerintah Dorong Industri Minyak Nabati Bersama Capai SDGs

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia mendorong industri minyak nabati di seluruh negara untuk bersama-sama memikul tanggung jawab dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2030.

“Pemerintah Indonesia menghimbau seluruh pemangku kepentingan minyak nabati untuk memulai langkah-langkah aktual dan terkoordinasi guna tercapainya SDGs 2030,” kata Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo seperti dikutip Antara, Kamis (14/10/2021),.

Pernyataan tersebut disampaikan Dubes Kama dalam webinar berjudul “Peran Industri Minyak Nabati dalam Pencapaian SDGs 2030” yang diselenggarakan KBRI Stockholm.

Webinar itu membahas hasil penelitian bersama tiga perguruan tinggi, yaitu Universitas Jambi, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Göttingen University (Jerman), yang menemukan keterkaitan erat antara peran industri minyak nabati dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang muncul dalam upaya mencapai SDGs.

Pada kesempatan itu, Dubes Kama menekankan salah satu hasil penelitian yang menekankan pentingnya bagi negara-negara penghasil dan pengguna minyak nabati — baik dari kalangan pemerintah, sektor swasta maupun pemangku kepentingan lainnya — untuk lebih meningkatkan kerja sama dan berbagi tanggung jawab dalam menghadapi tantangan dan peluang yang muncul dalam upaya mencapai SDGs 2030.

Dalam sambutannya pada webinar itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar, menyoroti tantangan yang dihadapi oleh industri minyak nabati, baik untuk saat ini maupun masa mendatang, terutama dalam menghadapi peningkatan permintaan terhadap minyak nabati yang cukup tajam.

Sehubungan dengan hal itu, Wamenlu Mahendra menegaskan kembali pentingnya untuk membentuk platform umum untuk melakukan dialog dan pertukaran pandangan guna mengatasi berbagai tantangan tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button