Olahraga

Balapan Penutup Musim di Abu Dhabi, Verstappen Raih Kemenangan Ke-15

INDOPOSCO.IDMax Verstappen meraih kemenangan ke-15 dalam satu musim menyusul penampilan dominan di balapan pemungkas Grand Prix Abu Dhabi pada Minggu (20/11/2022).

Start dari pole position, sang juara dunia dari tim Red Bull menyelesaikan balapan sepanjang 58 putaran itu dengan dominan memanfaatkan strategi satu kali pitstop dan menunjukkan kelasnya dalam menjaga umur ban hingga finis 8,771 detik di depan pebalap Ferrari Charles Leclerc, demikian laman resmi Formula 1.

“Balapan yang baik, semua soal manajemen ban. Luar biasa bisa menang di sini lagi dan ke-15 kalinya dalam musim ini, luar biasa,” kata Verstappen setelah kesuksesan ketiga secara beruntun di Yas Marina.

Berita Terkait

Baca Juga : Verstappen Cetak Rekor 14 Kemenangan Semusim di GP Meksiko

“Menyenangkan mencapai sesuatu seperti ini tahun ini, saya tahu akan sulit mengulanginya tapi ini adalah motivasi yang baik untuk mencoba dan melakukan yang sama tahun depan,” kata Verstappen, yang mengunci gelar juara dunia keduanya di Jepang dengan empat balapan terisa.

Sementara itu Leclerc membutuhkan poin lebih banyak dari pebalap Red Bull Sergio Perez dalam perebutan peringkat dua klasemen di saat kedua pebalap tiba di Abu Dhabi dengan perolehan poin sama.

Perez, dengan strategi dua pitstop, berupaya memangkas defisit delapan detik dari Leclerc dengan 10 lap tersisa. Namun, Leclerc, dengan satu pitstop, mampu bertahan hingga akhir balapan dan finis 1,3 detik di depan sang pebalap Meksiko yang harus puas finis P3.

Dengan hasil itu, Leclerc memupuskan mimpi Red Bull yang ingin kedua pebalapnya finis teratas di klasemen untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Carlos Sainz finis P4 di mobil kedua Ferrari, mengungguli George Russell dari tim Mercedes yang harus menjalani penalti lima detik karena kembali ke jalur pit dengan membahayakan pebalap lain.

Rekan satu tim Russell, Lewis Hamilton berpeluang meraih podium namun tiga lap jelang finis mobilnya kehilangan kecepatan dan harus kembali ke garasi untuk menyudahi balapan lebih dini. Itu merupakan kegagalan mekanis pertama yang dialami Mercedes tahun ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button