Nusantara

Kantah Manokwari Proses 2.996 Prasertifikat Elektronik

INDOPOSCO.ID – Kantor Pertanahan (Kantah) Manokwari, Papua Barat telah memproses 2.996 bidang tanah di wilayah kerja mereka untuk dibuat pra sertifikat elektronik.

Kepala Kantor Pertanahan Manokwari Subur Maksum di Manokwari, Rabu (26/6/2024), menjelaskan pra sertifikat elektronik merupakan bidang tanah yang sudah dibuatkan surat ukur elektronik serta buku tanah elektronik.

“Ini proses persiapan menuju sertifikat elektronik. Jadi ini proses validasi bidang tanah yang sudah terdaftar di BPN dan datanya sudah valid 100 persen maka kita masukkan ke pra sertifikat elektronik,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, bidang tanah yang dibuat pra sertifikat elektronik adalah bidang tanah yang sudah memiliki kejelasan siapa pemiliknya, letaknya dimana dan berapa luasnya. Bidang tanah tersebut juga sudah diukur oleh petugas dari Kantor Pertanahan.

Setelah dibuatkan pra sertifikat elektronik, saat masyarakat datang untuk melakukan proses balik nama atau memecah sertifikat tersebut barulah masyarakat diberi sertifikat elektronik.

“Target awal semua bidang tanah yang terdaftar di Kantah Manokwari, yang clean and clear atau tidak bermasalah akan dibuat pra sertifikat elektronik. Bidang tanah yang sudah siap dibuat sertifikat elektronik 29.624 dan bertahap kita rubah ke pra sertifikat elektronik,” katanya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button