Nusantara

Dompet Dhuafa Banten Kembangkan Budi Daya Udang Vaname, Raup Cuan Puluhan Juta, Majukan Petambak Tradisional

INDOPOSCO.ID – Keterbatasan modal dan pengetahuan yang minim mengakibatkan sejumlah petambak udang di wilayah Desa Wanayasa, Kecamatan Pontang, Serang sulit berkembang.

Hal ini saat Dompet Dhuafa Banten bersama awak jurnalis mengadakan press touring pada Selasa (4/6/2024) sore, mengetahui bersama bahwa faktor utama dalam pengelolaan udang secara tradisional adalah persiapan modal dan pengetahuan akan seluk beluk beternak udang vaname.

Elin sebagai Manajer Progam Dompet Dhuafa Banten, menjelaskan, “Warga di Desa Wanayasa, mayoritas para peternak bandeng dan udang khususnya jenis vaname. Namun sangat disayangkan, mereka hanya peternak, sementara lahan tambak mereka sewa bahkan untuk penjualannya masih tergantung dari tengkulak sehingga keuntungan yang mereka peroleh sangat kecil sekali”.

“Alhamdulillah Dompet Dhuafa Banten mencoba untuk masuk dalam program budi daya udang vaname ini. Mulai dari tebar benih untuk bioflok diameter 20 meter ini diuji coba dengan sistem tebar padat intensif. Padat normal sebetulnya di 100 ribu benih, namun untuk siklus pertama ini diuji coba dengan tebar padat di 140 ribu benih dengan kepadatan 290 benur/meter kubik. Tinggi air di kolam kurang lebih 1,5 meter. Penggunaan bioflok ini bertujuan untuk memudahkan pengontrolan kualitas air, dengan salinitas (kadar garam), PH, suhu yang mudah untuk dikontrol setiap harinya. Penggunaan bioflok ini juga untuk mengoptimalkan proses budi daya dengan hasil yang lebih produktif dan efesien untuk pemeliharaan,” tambah Elin.

Pembelian benur masih di daerah serang (Kabupaten Serang/Carita). Bibit yang sudah teruji empiris beberapa budi daya di Provinsi Banten. Dengan harga benih untuk kualitas terbaik saat ini di 45 rupiah/benih.

Treatment harian untuk para karyawan adalah melakukan kontroling kualitas air dengan melakukan proses shipon, dan treatment penebaran obat pengurai NH3. Pemberian pakan dan sampling size per 5-10 hari (teknik anco). Pemberian pakan secara umum memiliki rasio 1:1 dengan perhitungan 1,5 ton pakan akan menghasilkan total panen di angka 1,5 ton udang.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button