Nusantara

Bea Cukai Ambon Kawal Ekspor Perdana Pala ke Eropa

INDOPOSCO.ID – Di penghujung bulan Januari 2022 ini, Bea Cukai Ambon kembali menorehkan prestasi dengan mengawal ekspor perdana komoditas perkebunan Maluku, yaitu biji pala dan puli ke Eropa.

Rempah-rempah hasil bumi Maluku ini diekspor langsung dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon oleh PT Kamboti Rempah Maluku ke Rotterdam, Belanda, pada Sabtu (29/01/2022).

Atas ekspor ini, PT Kamboti tercatat menyumbang devisa ekspor sebesar Rp1.817.425.000 atau sekitar USD126.702,8 atas ekspor perdana pala ke Rotterdam Belanda.

“Kami mengawal keberangkatan satu kontainer ukuran dua puluh feet yang berisi 8.458 kg biji pala dan puli, dengan rincian 6.775 kg biji pala (nutmeg) kualitas ABCD dan SS, 1.489 kg fuli (mace broken), dan 194 kg fuli serbuk (mace powder),” rinci Ketua Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon, M. Yusuf Nasution.

Dikatakan Yusuf, ekspor langsung dari Maluku ini menjadi pertama kalinya, setelah sebelumnya ekspor selalu dilakukan melalui Surabaya.

Hal ini merupakan wujud keberhasilan upaya asistensi ekspor yang digagas Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon dan Tim Percepatan Ekspor Provinsi Maluku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button