Nusantara

Polda Banten dan Polda Lampung Gelar Rakor Untuk Pembatasan Mobilitas Nataru

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Banten gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Eksternal dengan Polda Lampung dalam rangka persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Rudy Heriyanto menegatakan, rapat koordinasi merupakan wujud kesiapan Polri, Pemerintah daerah, dan segenap elemen masyarakat menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal itu untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

“Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan rasa aman di masa pandemi Covid-19,” ujar dia, Senin (20/12/2021).

Baca Juga : Libur Nataru, Kabupaten/Kota di Banten Wajib Kampanyekan Masker dan Prokes

Kapolda menyampaikan, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Pemerintah telah membuat kebijakan, di antaranya pengaturan di rumah ibadah atau gereja, pengaturan perayaan Tahun Baru 2022, pengaturan tempat perbelanjaan, pengaturan di tempat wisata lokal, peniadaan mudik Nataru, pengaturan cuti periode libur Nataru serta mobilitas masyarakat.

Sejalan dengan adanya varian baru Covid-19 yaitu omicron di Indonesia, kita harus tetap menjalankan arahan Presiden RI  tentang pelaksanaan 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment.

“Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru ini tidak ada penyekatan yang ada pembatasan dan ini perlu diantisipasi bersama dan harus kita sepakati polanya baik dari Polda Banten maupun Polda Lampung,” ucap Rudy.

Dia menyampaikan, terkait lalu lintas, masih menjadi kendala karena ada wacana pemberlakukan ganjil-genap di Tol wilayah Jawa. Sedangkan di Tol Sumatera tidak diberlakukan ganjil genap.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button