Nusantara

Saat Warga Kudus Gelar Kirab Gunungan Durian

INDOPOSCO.IDKirab gunungan yang berisi durian dan aneka buah-buahan yang dihasilkan warga Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali digelar setempat sebelumnya sempat absen karena pandemi Covid-19, Minggu (19/12/2021).

Desa Margorejo selama ini dikenal sebagai penghasil durian, sehingga untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas pemerintah desa setempat berinisiatif menggelar atraksi wisata berupa “gebyar ngunduh duren”.

“Atraksi wisata gebyar ngunduh duren ini merupakan yang ketiga kalinya dari seharusnya yang keempat karena tahun 2020 tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19,” kata Kepala Desa Margorejo Sumir Khan ditemui usai” Gebyar Ngunduh Duren” di Kudus.

Baca Juga : Nitisemito, Raja Kretek Diusulkan Jadi Pahlawan. Ini yang Disampaikan Keluarganya

Total gunungan yang mengangkut aneka hasil bumi, salah satunya durian yang menjadi khasnya Desa Margorejo, khususnya di Dukuh Pelang ada 14 gunungan, sebanyak 11 gunungan di antaranya dari 11 rukun warga (RW) dan dua gunungan dari sponsor.

Belasan gunungan itu diarak mulai dari halaman Masjid Al Ikhlas menuju panggung utama yang berjarak sekitar 500 meteran.

Meskipun acara baru dimulai pukul 09.00 WIB, ratusan masyarakat sudah memadati lokasi kegiatan sejak pukul 07.00 WIB sehingga akses jalan utama di desa setempat juga padat kendaraan yang melintas karena banyak yang ingin melihat “Gebyar Ngunduh Duren”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button