Nusantara

Kata Wagub Andika, Banten Berangsur Bangkit dari Hantaman Covid-19

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengatakan Banten saat ini telah berangsur-angsur bangkit dari hantaman Pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak hampir di semua negara di dunia, tak terkecuali Indonesia dan kita di Banten. Alhamdulillah sekarang sudah berangsur-angsur pulih,” katanya pada saat menghadiri pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Nasional (Diklat Pimnas) II, Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia di Hotel Le Dian, Kota Serang, Senin (6/12/2021).

Andika menyebutkan, Banten kini telah berhasil dari zona tinggi penularan Covid-19 setelah sebelumnya kesulitan untuk dapat keluar dari zona merah, terutama di wilayah Tangerang. Itu terjadi karena upaya dan kerja keras semua pihak di Banten yang dengan kesadaran tinggi telah bahu-membahu untuk bekerja bersama memerangi Covid-19.

“Saat ini menghadapi libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) seiring pemerintah menaikkan kembali PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ke level 3, mari kita jaga kembali kebijakan pemerintah ini agar kita terhindar dari gelombang ketiga pandemi Covid-19,” ujar Andika.

Bangkitnya Banten dari serangan Covid-19, kata Andika, juga terlihat dari capaian vaksinasi Covid-19 yang telah mencapai 75 persen untuk dosis pertama dan 55 persen untuk dosis kedua.

“Saya mengajak semua pihak di Banten untuk terus bahu-membahu membantu pemerintah mengejar heard immunity dengan menuntaskan target vaksinasi ini,” tandasnya.

Krisis berikutnya yang dialami Banten sebagaimana juga dialami daerah dan negara lain akibat pandemi Covid-19 adalah krisis ekonomi. Andika menyebut pada triwulan kedua tahun 2020 lalu Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Banten sempat terkontraksi di angka minus tiga persen.

“Alhamdulillah sekarang kita sudah naik laju pertumbuhan ekonominya hingga melampaui rata-rata nasional di angka tujuh persen. Data BPS (Badan Pusat Statistik) terakhir menyebut LPE kita sudah di angka 8,8 persen,” kata Andika.

Kenaikan LPE tersebut, lanjut Andika, ditopang oleh telah kembali mulai berputarnya roda perekonomian di Banten yang ditandai dengan kembali berjalannya sejumlah pembangunan infrastruktur oleh pemerintah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button