Nusantara

Penyandang Disabilitas Asal Solo Ciptakan Tempat Sampah Pintar

INDOPOSCO.ID – Penyandang disabilitas asal Kota Solo menciptakan tempat sampah pintar yang dilengkapi dengan sensor dan berbasis internet.

Salah satu anggota tim yang tergabung dalam Difa Elektra Solo Heru Sasongko di Solo, Senin mengatakan ide menciptakan tempat sampah pintar tersebut berawal dari kepedulian mereka pada sulitnya sebagian penyandang disabilitas membuang sampah saat di tempat umum (27/9).

“Awalnya kami ngumpul bareng, kemudian tercetuslah membuat tempat sampah yang bisa digunakan oleh masyarakat umum dan teman-teman difabel, termasuk yang pakai tongkat maupun kursi roda,” katanya.

Selanjutnya, mereka mulai membuat desain tempat sampah tersebut. Meski demikian, proses yang dilalui tidak mudah. Bahkan untuk pengembangannya hingga menjadi produk siap pakai membutuhkan waktu hingga dua tahun.

“Akhirnya pada tahun 2019 kami berhasil masuk ke Krenova Kota Surakarta, jadi juara Harapan I. Selanjutnya kami terus berkembang dan mulai mencoba ke ranah bisnis,” katanya.

Produksi tersebut juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi. Bahkan, Difa Elektra Solo berhasil masuk dalam program inkubasi kementerian tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button