Nusantara

Sedih Gunung Liman Baduy Ditambang, Iti: Ini Ketidakberhasilan Saya Memimpin Kabupaten Lebak

INDOPOSCO.ID – Aktivitas penambangan tambang emas ilegal di Gunung Liman yang masuk dalam kawasan wewengkon adat kasepuhan Cibrani atau hutan sakral adat Baduy, membuat Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jayabaya merasa sedih.

Sebab, hal itu mengganggu kehidupan komunitas adat Baduy menjadi resah dan terusik. Mengingat, aktivitas pertambangan itu bertentangan dengan semboyan serta perilaku hidup adat Baduy.

Iti menyebutkan, adanya aktivitas tambang ilegal di Gunung Liman merupakan bentuk ketidakberhaslan dirinya dalam memimpin Kabupaten Lebak. Pihaknya tidak dapat merangkul semua masyarakat untuk menahan diri, tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak alam.

“Pasti sedih, artinya ini ketidakberhasilan saya memimpin Kabupaten Lebak kan gitu. Ya inilah keterbatasan saya tidak bisa merangkul semuanya, tidak bisa menyelesaikan bersama,” katanya saat diwawancara di salah satu Hotel di Kota Serang.

Meskipun secara kewenangan, perizinan pertambangan ada di Kementerian Kehutanan, bukan lagi di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. Bahkan, Pemkab Lebak tidak memiliki fungsi pengawasan. Sehingga ketika ada kasus gurandil, Pemkab Lebak selalu disalahkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button