Nasional

Dampak Perubahan Iklim, Ajak Pelajar dan Pengajar Eksplorasi Laut Indonesia

INDOPOSCO.ID – Direktur Pengelolaan Armada Kapal Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nugroho Dwi mengatakan, kolaborasi ini menunjukkan dedikasi dan semangat para peneliti Indonesia dalam mengungkap rahasia di perairan.

“Kami tetap berkomitmen untuk mendukung penelitian kelautan dan pemanfaatan sumber daya maritim secara berkelanjutan di seluruh perairan Indonesia, memajukan pengetahuan ilmiah sambil melestarikan dan mengelola ekosistem laut secara bertanggung jawab,” kata Nugroho di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Di tempat yang sama, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Aniza Suspita mengatakan, kolaborasi ini telah mengalami kemajuan yang luar biasa.

“Dengan memperluas pengetahuan kelautan, kita dapat melakukan mitigasi bencana alam di masa depan, mengatasi dampak perubahan iklim, dan memastikan kesehatan dan keberlanjutan perairan Indonesia untuk generasi mendatang,” jelas dia.

Diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama BRIN dan Tanoto Foundation serta OceanX menginisiasi kegiatan eksplorasi laut di Indonesia. Pada kegiatan tersebut, selain peneliti juga dilibatkan para pelajar dan pengajar.

Sebelumnya, misi telah melakukan eksplorasi di perairan sekitar Batam, Aceh, Padang hingga Jakarta. Misi kemudian dilanjutkan ke kawasan perairan Indonesia bagian timur, di mana ini menjadi eksplorasi laut yang pertama kali dilakukan di wilayah tersebut.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button