Nasional

Aplikasi TikTok Dinilai Jadi Pintu Masuk Produk China ke Indonesia, Begini Kata Legislator

INDOPOSCO.ID – Pemerintah diminta mewaspadai investasi yang dilakukan platform media sosial TikTok ke Tokopedia. Hal itu ditegaskan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini pun menyebutkan sejumlah alasan hal tersebut harus diantipasi pemerintah terutama akan makin mudahnya produk asal China masuk ke Indonesia.

“Aplikasi TikTok yang menjadi pintu masuk produk asal China ke pasar Indonesia,” kata Amin dalam keterangannya yang diterima Indopos.co.id, Kamis (27/6/2024).

Menurut dia, pemerintah harus mengantisipasinya agar produk lokal buatan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri, tak tumbang.

“Jika tidak diantisipasi secara tegas dengan kebijakan protektif terhadap industri dalam negeri, maka perdagangan digital bisa menjadi ‘mesin pembunuh’ bagi industri lokal, seperti yang dialami (saat ini terjadi) di industri tekstil dalam negeri,” katanya.

Amin juga menyoroti langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diambil oleh Tokopedia beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan PHK terhadap 450 karyawannya, sebagai tindak lanjut dari merger dengan TikTok pada Januari 2024 lalu.

Amin menilai keputusan PHK tersebut mengindikasikan bahwa bisnis TikTok harus diperketat regulasinya.

“Tentunya pihak ByteDance akan mengutamakan sistem yang mereka bangun dan kembangkan, termasuk SDM yang sudah cocok dengan sistem mereka.”

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button