Nasional

Kepemimpinan Lokal dan Manajemen Aparatur Harus Disemai, Tidak Hanya di Jakarta

INDOPOSCO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas berbagi pengalaman pada Seminar Tantangan dan Strategi Kepemimpinan Menuju Indonesia Maju yang diselenggarakan PPM School of Management. Baginya, kepemimpinan lokal atau daerah dan manajemen aparatur adalah hal yang harus disemai ke seluruh Indonesia, tidak hanya terpusat di Jakarta.

Menurutnya pemuda yang sudah mendapat ilmu dari PPM School of Management sebaiknya membangun daerah, tidak hanya fokus di Jakarta.

“Anak-anak ini sudah hebat terkait manajemen kepemimpinan yang menurut saya harus disemai ke berbagai tempat, tidak hanya di Jakarta,” ujar Anas di Kampus PPM School of Management, Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Mantan Bupati Banyuwangi ini mengingatkan ekonomi Indonesia dibangun dari daerah. Local leadership atau kepemimpinan lokal menjadi kunci penting bangkitnya eknomi daerah, yang tentu mendorong pembangunan ekonomi nasional.

Di tengah guncangan ekonomi dunia, perekonomian Indonesia merupakan salah satu yang terbaik diantara negara peserta G20. Bahkan, Probabilitas terjadinya resesi Indonesia salah satu yang terbaik di kawasan Asia, dengan angka kisaran 3 persen.

Anas kembali menjelaskan terkait pentingnya adaptasi dalam berbagai bidang, termasuk pemerintahan dan ekonomi.

“Kami juga mendorong bagaimana manajemen kepemimpinan lokal ini terus adaptif terhadap perkembangan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button