Nasional

Pemerintah Sarankan Ibu Hamil Tidak di Atas Usia 30 Tahun

INDOPOSCO.ID – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyarankan kepada semua calon ibu atau ibu untuk tidak hamil di atas usia 30 tahun guna menghindari terjadinya risiko kematian, perburukan kesehatan ibu dan kondisi janin dalam kandungan.

“Secara alami (kondisi kesehatan ibu) sudah menurun, itulah alasan kenapa perempuan tidak boleh hamil di atas usia itu. Hamil saja sudah merupakan beban tersendiri, apalagi kalau di atas 32-35 tahun, itu sudah tua,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Dalam menyambut Hari Ibu Nasional yang diperingati pada 22 Desember, Hasto mengingatkan jika seorang calon ibu atau ibu masih hamil di atas usia 30 tahun, maka tingkat terjadinya risiko buruk selama masa kehamilan akan semakin tinggi.

Kondisi tersebut disebut dalam suatu keadaan patologis. Pada usia tersebut, tingkat janin mengalami kelainan atau cacat bawaan (kongenital) seperti gangguan fungsi organ atau bagian tubuh tertentu, disebabkan oleh adanya gangguan selama masa tumbuh kembang janin dalam kandungan.

“Apalagi mendekati 40 tahun, itu bisa mengalami kelainan kongenital atau cacat bawaan pada anak, juga akan meningkatkan kelainan-kelainan kromosom,” katanya.

Hasto juga menyatakan ketidaksetujuannya ketika ada seseorang yang menyarankan untuk menunda kehamilan. Ia menekankan masa kehamilan yang baik adalah ketika perempuan berusia di atas 20 tahun, sementara usia menikah yang ideal adalah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

Menurutnya, masa puncak biologi manusia dalam kehidupan adalah ketika berusia 32-35 tahun. Lewat dari masa itu, banyak jaringan sel atau komponen pada tubuh mengalami penurunan fungsinya untuk bekerja secara optimal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button