Nasional

ALFI Dorong Pemerintah Tertibkan Distribusi BBM Bersubsidi

INDOPOSCO.ID – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalimantan Tengah tak henti-hentinya meminta keseriusan pemerintah menertibkan distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebab hingga saat ini dinilai masih banyak belum tepat sasaran dan tidak sesuai peruntukan.

“Saat ini yang terjadi, yang menikmati BBM solar bersubsidi bukan yang seharusnya. Maka kami berupaya agar di Kalteng atau bahkan di Kalimantan berlaku satu harga bagi BBM jenis solar, tidak ada lagi yang subsidi sehingga semua akan lancar,” ujar Dewan Pembina ALFI Kalteng Zulkifli Nasution di Sampit, Rabu (7/12).

Ia mengatakan, pengusaha angkutan barang, penumpang dan nelayan masih kesulitan mendapat solar bersubsidi. Kendaraan harus antre bahkan berhari-hari jika ingin mendapatkan solar bersubsidi di SPBU, padahal itu jelas tidak efektif karena waktu kerja menjadi terbuang dan berpotensi kehilangan pendapatan.

Melihat kondisi itulah, banyak pengusaha angkutan yang akhirnya memilih menggunakan bahan bakar non subsidi jenis Dexlite. Konsekuensinya, biaya bertambah sehingga pendapatan berkurang, sementara untuk menaikkan tarif tinggi juga dirasa cukup berat dan dikhawatirkan dikeluhkan konsumen.

Mantan Ketua DPD Organda Kotawaringin Timur ini mengakui, memperjuangkan penghapusan subsidi solar tidak mudah. Meski begitu, ALFI di tingkat pusat dan daerah akan terus menyuarakan usulan tersebut karena dampaknya diyakini akan positif bagi pelaku usaha dan masyarakat.

“Ini perlu dukungan banyak pihak. Kami akan berkolaborasi dengan daerah lain, serta dukungan gubernur dan bupati se-Kalimantan agar pemerintah memberlakukan solar satu harga,” ujar Zulkifli seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/12/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button