Nasional

Pencegahan Kekerasan pada Anak Harus Dimulai dari Keluarga

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menegaskan pencegahan kekerasan pada anak harus dimulai sejak keluarga dan tak boleh diabaikan oleh semua pihak.

“Isu (kekerasan pada anak) ini kasus-kasus di internal keluarga, harus jadi perhatian bahwa ini bukan hanya masalah keluarga (tapi masalah kita semua),” kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga seperti dikutip Antara, Sabtu (19/11/2022).

Bintang mengatakan laporan kekerasan pada anak terutama di dalam rumah tangga terus meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini, banyak kasus terungkap kepada publik melalui media sosial.

Dalam data Sistem Informasi Online Perempuan dan Anak (SIMFONI PPPA) periode Januari-Agustus 2022, jumlah korban berdasarkan lokasi kejadian kekerasan terhadap anak yakni pada tingkat rumah tangga sudah ada 5.230 orang.

Sementara SIMFONI PPPA melaporkan jika jumlah pelaku kekerasan terhadap anak paling banyak dilakukan oleh orang tua 1.196 orang, keluarga atau saudara 561 orang dan suami atau istri 78 orang selama periode Januari-Agustus 2022.

Bintang mengungkapkan masalah kekerasan pada anak dalam rumah tangga tak boleh dianggap sekadar masalah domestik. Apabila terjadi pengabaian dalam masyarakat, terutama di dalam rumah tangga itu sendiri, maka kasus kekerasan akan terus berulang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button