Nasional

Kota Cerdas Bukan Semata Sarana dan Prasarana TIK

INDOPOSCO.ID – Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Ketujuh program Kementerian PANRB ini merupakan penerjemahan arahan Presiden Joko Widodo tentang reformasi birokrasi (RB).

“Presiden meminta birokrasi harus berdampak dan bukan tumpukan kertas semata. Selain itu birokrasi harus lincah dan cepat,” jelas Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati, saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Standar Pelayanan Perkotaan Cerdas Berkelanjutan Melalui Pengembangan Platform Indonesia Digital Services Living Lab di Jakarta, Selasa (1/11).

Menurut Nanik keterpaduan layanan digital untuk mendukung terwujudnya kota cerdas (smart city) perlu dilakukan karena pada RPJMN 2020-2024 terdapat arah kebijakan reformasi birokrasi dan tata kelola untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik.

Terdapat tiga pilar untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Pilar tersebut yaitu Aparatur Sipil Negara, Kelembagaan dan Proses Bisnis Organisasi, serta Akuntabilitas Kinerja dan Pengawasan. Pilar-pilar ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian kualitas pelayanan publik,” ujar Nanik.

Nanik memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut. Kegiatan rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi forum untuk mendukung Kementerian PANRB dalam mensosialisasikan SPBE.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button