Nasional

Sinergi Elemen Negara Kunci Rehabilitasi Korban HAM Masa Lalu

INDOPOSCO.ID – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengatakan sinergi antar elemen negara merupakan kunci dari proses rehabilitasi para korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu dalam menerapkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2022.

“Ini perlu diperkuat agar jauh lebih optimal dan maksimal dalam rehabilitasi para korban. Untuk itu, elemen kekuatan negara, baik di kementerian maupun lembaga harus disinergikan,” kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu di Jakarta, Minggu (25/9).

Kekuatan sinergi antar kementerian dan lembaga tersebut diperlukan menyusul kebijakan pemerintah menerbitkan Keppres tentang Penyelesaian Non Yudisial Kasus Pelanggaran HAM Berat, paparnya.

“Itu kita serahkan kepada pemerintah, LPSK hanya dalam posisi siap saja apabila ada yang terkait dengan korban maka berdasarkan undang-undang wilayah kerjanya di LPSK,” ujar Edwin.

Ia mengatakan meskipun penghukuman bagi para pelaku kejahatan HAM berat masa lalu akan sulit dilakukan, pemulihan, masa depan termasuk harkat, martabat korban, dan keluarganya harus dipulihkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button