Nasional

Pemerintah Dukung Pekan Special Olympic Nasional 2022

INDOPOSCO.ID – Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) kembali digelar. Pesta olahraga bagi penyandang disabilitas tersebut akan diadakan bulan Juli 2022 mendatang oleh Special Olympic Indonesia (SOIna). Dukungan pemerintah terkait hajat tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang diadakan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Rabu (9/2/2022).

“Semoga di Juli nanti kasus Covid-19 sudah menurun sehingga antusias masyarakat untuk berpartisipasi makin banyak dan dapat diikuti peserta dari seluruh Indonesia. Beberapa waktu belakangan pandemi cenderung naik sehingga perlu dibuat Plan B atau rencana lain untuk menyesuaikan dengan keadaan,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olah Raga, Kemenko PMK, Didik Suhardi, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, pemerintah sangat memperhatikan dan mendukung rencana penyelenggaraan kegiatan olah raga kendati dana APBN terbatas. Kegiatan Pesonas yang diinisiasi masyarakat tetap memerlukan kehadiran pemerintah agar tercipta sinergi yang memungkinkan lancarnya acara dari awal hingga selesai. Apalagi ke depannya acara Pesonas juga berkontribusi untuk membesarkan nama Indonesia di dunia internasional.

Dalam Rakor tersebut, Ketua Umum SOIna, Warsito Ellwein, menjelaskan Pesonas adalah ajang dimana anak-anak bertalenta khusus mendapat tempat untuk mengembangkan diri, antara lain di bidang olah raga.

“Anak bertalenta khusus bukanlah anak cacat. Mereka tidak butuh dikasihani, namun mereka butuh ruang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan diri secara maksimal,” ujar Warsito.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button