Nasional

Menteri ATR/Kepala BPN Ajak Pemda Ringankan BPHTB sebagai Upaya Percepatan Sertifikasi Tanah

INDOPOSCO.ID – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program strategis nasional yang dijalankan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sejak 2017 lalu.

Program ini sejalan dengan amanah Presiden Joko Widodo bahwa seluruh tanah di Indonesia yang diperkirakan mencapai 126 juta bidang tanah akan terdaftar pada 2025. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan peran serta kerja sama yang baik antara Kementerian ATR/BPN dengan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dalam acara Sosialisasi Program Strategis Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Kementerian ATR/BPN secara daring, Kamis (27/1/2022). Sosialisasi ini dihadiri kepala daerah serta jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan se-Indonesia. Ia mengatakan, PTSL bertujuan memberikan kepastian hukum hak atas tanah sehingga masyarakat terhindar dari sengketa dan konflik pertanahan.

Baca Juga : Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Yogyakarta

Selain itu, manfaat PTSL juga akan dirasakan oleh pemerintah daerah, misalnya mendorong peningkatan penerimaan negara seperti pajak, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Jika semua tanah sudah terdaftar, maka pemerintah daerah akan lebih mudah menggunakan data atau informasi pertanahan ini untuk pembangunan daerah, untuk memperoleh BPHTB yang lebih baik dan lebih banyak, untuk memungkinkan PBB lebih terkontrol, dan lain-lain,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button