Nasional

Dua Pasien Meninggal, DPR: Waspadai Lonjakan Omicron di Februari

INDOPOSCO.ID – Masyarakat harus waspada terkait prediksi pemerintah lonjakan kasus varian Omicron pada beberapa pekan ke depan. Apalagi dua pasien varian Omicron meninggal pada Sabtu (22/1/2022) kemarin.

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo melalui gawai, Senin (24/1/2022).

Menurut dia, dua kasus kematian akibat varian Omicron menjadi peringatan (warning), dalam menghadapi lonjakan kasus Omicron. “Kita harus waspada, apalagi, sudah ada dua pasien varian Omicron yang meninggal. Artinya sudah ada case fatality rate- nya,” ujarnya.

“Ini membuktikan bahwa Omicron itu memang bahaya dan nyata, sekaligus juga berisiko bagi orang-orang yang belum divaksin dan orang yang sudah divaksin dengan komorbit,” imbuhnya.

Baca Juga : Vaksinolog: Omicron Sebabkan Kematian Pada Kelompok Rentan

Dua orang pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia dilaporkan meninggal pada Sabtu, 22 Januari 2022. Satu kasus yang merupakan transmisi lokal meninggal di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. Sedangkan satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso. Keduanya merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian Omicron yang memiliki daya tular tinggi.

Rahmad mengatakan, jika melihat badai Omicron yag menerjang berbagai negara di dunia, maka bisa diprediksi Indonesia sendiri tidak akan bisa menghindar dari varian Omicron.

“Yang penting saat ini, bagaimana agar lonjakan bisa kita antisipasi, bisa kita meminimalkan puncaknya dan jangan sampai menimbulkan korban,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button