Nasional

Menteri Teten Bakal Efektifkan PLUT KUKM di Palu

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM akan mengefektifkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM agar betul-betul menjadi teman bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Mulai dari akses pembiayaan, akses pasar, maupun meningkatkan daya saing produk.

“Terlebih lagi, Sulteng khususnya Palu, banyak sekali produk unggulan yang bisa kita kembangkan,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam agenda Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kota Palu, Jumat (7/1/2022).

Di Palu, lanjut Teten, banyak produk unggulan dari coklat yang didukung ketersediaan bahan baku. Begitu juga dengan rotan, dimana Palu merupakan salah satu penghasil rotan. “Sumber daya lautnya juga sangat kaya,” ungkap MenkopUKM.

Berita Terkait

Baca Juga: Inkopontren Didorong Jadi Holding Bisnis

Oleh karena itu, Teten berharap para pelaku UMKM disana berkoperasj agar bisa lebih fokus ke keunggulan domestik dari Sulteng ini. “Itu yang bisa discalling-up dalam skala besar, masuk ke pasar nasional maupun pasar internasional,” tandasnya.

Apalagi, saat ini, terkait perijinan usaha bagi UMKM sudah sangat dipermudah. Misalnya, izin usaha hanya perlu Nomor Induk Berusaha (NIB), dan hanya mendaftar saja di OSS secara online.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button