Nasional

Mentan Dorong Mahasiwa Jadi SDM Unggul dan Kuasai Pasar Dunia

INDOPOSCO.IDMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul yang mampu membawa komoditas pertanian Indonesia semakin menguasai pasar dunia. Apalagi Menurut Mentan, Indonesia merupakan negara subur yang bisa menghasilkan produksi pertanian berskala besar.

Sebagai informasi, Kementerian Pertanian baru saja melepas ekspor akhir tahun di 34 Provinsi Indonesia dengan nilai transaksi mencapai Rp14,4 triliun. Adapun komoditas yang diekspor diantaranya buah manggis, pisang, kapulaga, kunyit, jagung dan tapioka. Ada juga dari subsektor perkebunan seperti sawit, kelapa bulat dan kopi. Sedangkan dari subsesktor peternakan meliputi babi potong, daging dan serangga hidup. Sementara dari sayuran, ekspornya meliputi kacang hijau dan produk hortikultura lainya.

Baca juga: Mentan SYL Didampingi Kapolri Sigit Lepas Ekspor Pertanian ke-124 Negara

“Saya berharap pendidikan yang dilakukan Polbangtan Gowa dalam berbagai rumpun ilmu terapan dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang mendukung pembangunan pertanian di Indonesia dan menguasai pasar dunia,” ujarnya, dalam keterangannya, Selasa (4/1).

Selain itu, Mentan berharap agar Polbangtan Gowa terus melaksanakan topoksi Tridharma Perguruan Tinggi dalam melakukan pengawalan dan pendampingan program utama Kementan seperti peningkatan ekapor, peningkatan kesejahteraan petani dan penumbuhan wirausaha baru di bidang pertanian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button