Nasional

Wisata Kapal Tenggelam Bisa Jadi Peluang Usaha bagi Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki mandat untuk mengoptimalkan pemanfaatan jasa sumber daya ekosistem laut dan pesisir. Tujuannya agar dapat berkontribusi dalam pembangunan kelautan yang berkelanjutan.

Salah satunya adalah melalui pengelolaan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang dapat dikembangkan menjadi salah satu usaha yang dikelola oleh kelompok masyarakat atau desa. Hal tersebut terungkap dalam webinar “Pengelolaan Berkelanjutan Wisata Kapal Tenggelam” yang diselenggarakan Ditjen PRL, baru-baru ini.

“Agar pemanfaatan BMKT dapat berkelanjutan secara optimal, pemerintah menyusun Rancangan Perpres tentang Pengelolaan BMKT yang mengatur tentang mekanisme pengangkatan, pemanfaatan BMKT baik insitu maupun eksitu dan menyelesaikan status pemanfaatan BMKT yang telah diangkat,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari, di kantornya, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: KKP Raih Penghargaan atas Kinerja Pemberantasan Illegal Fishing

Dia menyampaikan selain dapat dikembangkan menjadi satu usaha yang dikelola oleh kelompok masyarakat atau desa, investasi BMKT telah diatur PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko sebagai implementasi atas UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button