Nasional

KKP Terus Upayakan Pakan Alternatif Berbiaya Murah

INDOPOSCO.ID – Mahalnya harga pakan ikan masih menjadi salah satu kendala dalam membangun industri perikanan budidaya di Indonesia. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) terus berupaya menyediakan pakan alternatif berbiaya murah, melalui serangkaian hasil riset dan inovasi serta metode pelatihan budidaya dalam penyebarannya.

BRSDM melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPPP) Tegal menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Maggot di Kabupaten Blora, pada 6-7 Desember 2021. Kegiatan ini turut diinisiasi Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora.

Maggot merupakan larva lalat Black Soldier Fly (BSF) yang dapat dijadikan bahan baku pakan alternatif karena mengandung nutrien yang lengkap untuk ikan dengan kualitas yang baik. Selain itu, maggot dapat diproduksi dalam waktu singkat dan berkesinambungan dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan. Maggot juga bisa diproduksi menjadi tepung (mag meal), sehingga bisa menekan biaya produksi pakan. Masyarakat pun dapat dengan mudah mengadopsi teknologi produksi maggot.

Baca Juga : Trenggono Ajak Unand Perkuat Riset dan Inovasi Kelautan-Perikanan

Dalam arahannya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BRSDM Kusdiantoro menuturkan, sebagian besar pembudidaya ikan saat ini masih mengandalkan suplai pakan dari pabrikan (pakan komersial), sementara harga pakan hingga saat ini masih tergolong tinggi. Hal tersebut menyebabkan ketidakseimbangan pendapatan yang diperoleh pembudidaya ikan dengan biaya produksi yang dikeluarkan selama proses produksi, mengingat lebih dari 60 persen total biaya produksi bersumber dari biaya pakan.

Pelatihan ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sering dialami oleh pembudidaya ikan termasuk yang dihadapi oleh kelompok pembudidaya ikan saat ini, antara lain kebutuhan pakan ikan yang ekonomis untuk mendukung pertumbuhan dan produksi ikan, tingginya harga pakan komersial, minimnya pengetahuan pembudidaya ikan mengenai bahan alternatif yang dapat dijadikan pakan, hingga teknis pembuatan pakan serta manajemen pemberian pakan ikan.

“Sebagai pakan alternatif baru, maggot diharapkan dapat menjadi solusi sebagai pakan dengan harga yang murah dan mudah didapatkan, tidak menimbulkan pencemaran lingkungan perairan, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan,” terang Kusdiantoro.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button