Nasional

Kerugian Negara dari Asabri Rp22,788 Triliun, Pakar Hukum: Sumber Dana Investasi dari Iuran TNI-Polri

INDOPOSCO.ID – Audit Badan Pengawas Keuangan (BPK) dalam kasus dugaan korupsi PT Asabri menyimpulkan kerugian negara mencapai Rp22,788 triliun. Hasil audit tersebut terus menuai polemik.

Dalam persidangan kasus Asabri beberapa waktu lalu, saksi ahli Dian Puji Simatupang menyebut, sumber dana investasi yang kemudian menjadi masalah di Asabri berasal dari iuran anggota TNI-Polri,.

“Iuran anggota TNI-Polri terpisah dari keuangan negara. Sehingga, menurutnya, tidak menimbulkan kerugian negara sedikitpun,” tegasnya.

BPK dan kejaksaan satu paket dan satu persepsi soal kerugian negara yang mencapai Rp 22,788 triliun. Meskipun sudah banyak pihak yang menjelaskan bahwa kesimpulan demikian tidaklah benar.

Baca Juga: Korupsi Asabri, Jaksa Tuntut Heru Hidayat Hukuman Mati

Pakar Hukum Pidana Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Chairul Huda mengatakan, bahwa sebenarnya perbedaan persepsi terkait dengan kerugian keuangan negara dalam kasus PT Asabri sudah lama terjadi.

Ia mengaku memiliki pendapat yang sama seperti Dian Puji Simatupang, bahwa keuangan Asabri bukanlah kerugian keuangan negara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button