Nusantara

Dukung Psikososial Korban Semeru, Poltekesos Bandung Terjunkan Tim Layanan

INDOPOSCO.ID – Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim) selain dikategorikan sebagai faktor kejadian alam, juga telah mengakibatkan kepedihan juga merengggut nyawa manusia dan kehilangan harta benda. Kondisi itu secara psikososial telah meninggalkan trauma pada warga yang terdampak. Mereka membutuhkan ketenangan dan pertolongan yang bisa memperkuat kestabilan psikisnya.

Pendampingan menjadi sebuah pilihan untuk memberi keyakinan memadai pada warga yang terdampak, bahwa mereka tidak sendiri, ada banyak bala bantuan yang peduli dan mau berbagi.

Salah satu tim yang peduli atas kejadian tersebut adalah Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung, Jawa Barat. Poltekesos merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan milik Kementerian Sosial (Kemensos). Poltekesos menurunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial yang telah teruji dan terlatih dalam hal penanganan bencana.

Tim ini dikomandani oleh Eko yang berjumlah lima orang. Mereka akan berada di lokasi terdampak erupsi, melakukan pendampingan, penguatan kondisi diri pada warga terdampak.

”Kami akan memilah pendampingannya berdasarkan usia, anak, remaja, dewasa, dan lansia (lanjut usia) serta warga yang memiliki keterbatasan (penyandang disabilitas, red),” ujar Eko.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button