Nasional

Peningkatan Kualitas SDM Kunci Wujudkan Ketahanan Pangan

INDOPOSCO.ID – Kualitas dan kapasitas SDM pertanian merupakan salah satu hal penting, untuk mewujudkan ketahanan pangan, hal itu mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus berupaya meningkatkan kualitas SDM pertanian, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementan untuk melanjutkan pendidikan melalui jalur tugas belajar ke jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan pangan merupakan komoditas penting untuk membangun bangsa, maka ketahanan merupakan masalah sangat serius, sebagai bagian dari sendi ekonomi masyarakat dan tolok ukur kesejahteraan rakyat.

“Ketahanan pangan hal sangat mendasar, bila terpenuhi, maka ekonomi dasar bisa tercapai. Dalam satu tahun terakhir, hanya sektor pertanian yang menunjukkan tren positif dan mengalami peningkatan dari hulu hingga hilir,” katanya.

Mentan Syahrul menambahkan, pertumbuhan tersebut tampak pada ekspor komoditas pertanian yang meningkat yang berdampak pada peningkatan devisa, maka Kementan berkomitmen terus mengawal budi daya dan pengolahan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyatakan, dukungan penuh pada terwujudnya ketahanan pangan.

“Tentu kita support dari SDM-nya, mulai dari petani, penyuluh dan seluruh insan pertanian yang terlibat pembangunan pertanian. Kita pastikan SDM pertanian mampu menggenjot produksi demi memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia hingga meningkatkan nilai ekspor,” ujarnya.

Selain SDM, lanjut Dedi, faktor lain yang berperan dalam peningkatan produktivitas adalah inovasi teknologi, sarana dan prasarana, kebijakan dan peraturan perundangan.

“Sehebat apapun inovasi teknologi, kalau tidak ada SDM yang mengimplementasikan, tidak akan berkontribusi apa pun. Sebetulnya, yang paling sulit adalah rekayasa sosialnya bagaimana mengubah perilaku petani dan mindset petani agar mau dan mampu serta terpanggil untuk mengimplementasikan teknologi,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button