Nasional

Peringati Hari Guru, Dirjen Pendis Minta Guru Berfokus pada Transformasi Karakter Unggul

INDOPOSCO.ID – Fungsi guru di era digital ini adalah mentranformasi nilai-nilai yang membentuk karakter siswa menjadi pribadi unggul. Di era daring yang menyediakan banyak saluran informasi dan tutorial, materi pembelajaran banyak tersedia dari sumber manapun selain guru.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI Muhammad Ali Ramdhani memperingatkan agar guru mengembangkan teknik mendidik secara empatik dan humanis. ‚ÄúPaling utama adalah guru peduli mendidik dan menanamkan karakter akhlakul karimah kepada anak-anak bangsa,” katanya pada saat menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Guru 2021 di Kemenag, Jumat (26/11/2021).

Dalam hal memberi sentuhan yang berperasaan inilah peran dan kiprah guru peduli tak akan tergantikan oleh artificial intelligence (kecerdasan buatan) sampai kapan pun.

Hari Guru Nasional 2021 ini mengambil tema “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri”. Tema ini menegaskan dan mengingatkan tentang tujuan kemerdekaan Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga: Menag Sampaikan Kesiapan Pemberangkatan Umrah kepada Gubernur Makkah

Kreatifitas dan sentuhan guru, lanjut Ramdhani, sangatlah penting terutama pada masa proses pemulihan pembelajaran (learning recovery). “Kita membutuhkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional sekaligus peduli. Guru peduli adalah pendidik yang compassionate (welas-asih) dan mengajar dengan hati,” tandasnya.

Guru peduli senantiasa bersimpati dan berempati dalam melayani siswanya. Ia berdiri pada garda terdepan dalam mentransmisikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya secara efektif dan berkarakter tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button