Nasional

KemenKopUKM Ajak Usaha Mikro Padang Pariaman Masuk ke Ekosistem Digital

Gelar Pelatihan Vocational

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menargetkan, para pelaku usaha mikro, khususnya sektor kuliner di Kabupaten Padang Pariaman mampu bertransformasi digital, serta masuk dalam ekosistem digital melalui penjualan online seperti e-commerce.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Eddy Satriya saat menggelar Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro di Sektor Kuliner di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Barat (Sumbar), Selasa (23/11/2021).

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Sumatera Barat Nazwir, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman Dewi Roslaini, dan Ketua Yayasan Mande Sumbar Erwan.

Eddy menegaskan, salah satu Program Strategis Deputi Bidang Usaha Mikro adalah transformasi informal ke formal bagi usaha mikro. Transformasi usaha mikro informal menjadi formal dari sisi legalitas, tetapi dari sisi sumber daya manusia (SDM) usaha mikro, juga harus bertransformasi menjadi SDM yang lebih berkualitas. Antara lain melalui pelatihan-pelatihan, seperti yang saat ini telah dilakukan.

Baca Juga: MenKopUKM Dukung Tingkatkan Produksi Sarang Burung Walet di NTB

Untuk mendukung adanya transformasi informal ke formal bagi usaha mikro, Deputi Bidang Usaha Mikro ikut berperan melalui berbagai kegiatan pelatihan vocational dan e-commerce bagi usaha mikro yang berfokus pada tujuh sektor prioritas. Yaitu pariwisata, home décor, fashion, kuliner, ekonomi kreatif, perikanan/peternakan dan pertanian/perkebunan.

“Selain itu, kami menekankan kepada para pelaku usaha mikro, agar mendaftarkan NIB (Nomor Induk Berusaha). Karena penting buat pelaku usaha. Khususnya bagi sektor kuliner,” tegas Eddy.

Ia melanjutkan, tujuan digelarnya Pelatihan Vocational Sektor Kuliner di Padang Pariaman ini, merupakan upaya dalam peningkatan kapasitas dan kualitas SDM usaha mikro. Khususnya dalam hal pengetahuan, keterampilan, serta pemasaran/penjualan online.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button