Nasional

SDM Terampil Sektor Kelautan dan Perikanan Disiapkan

INDOPOSCO.ID – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) terampil di sektor kelautan dan perikanan. Langkah ini mendukung program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), khususnya budidaya air tawar di Provinsi Papua.

Melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP (Puslatluh KP) dan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, menyelenggarakan Pelatihan khusus di Kota dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua 16-17 November 2021.

“Papua memiliki potensi yang baik untuk pengembangan budidaya air tawar. Diketahui 80 persen rumah makan di Jayapura  menawarkan ikan air tawar. Pelaksanaan pelatihan budidaya air tawar kepada masyarakat juga dilaksanakan karena adanya permintaan yang tinggi akan ikan air tawar, seperti mujair, nila dan lele di Jayapura. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat setempat sehingga perlu ditunjang dengan pelatihan dan sarana budidaya,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BRSDM, Kusdiantoro bersama Anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan Papua, Sulaeman L. Hamzah.

Baca Juga : KKP Resmi Punya Aturan Baru Soal Pengelolaan PNBP Sektor Perikanan

Kusdiantoro menjelaskan perkembangan teknologi budidaya, khususnya budidaya air tawar, seperti bioflok, RAS, penggunaan probiotik juga telah mendorong meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam budidaya. Komoditas unggul ikan air tawar hasil pemuliaan, seperti nila Srikandi dan nirwana, mas Mustika, lele mutiara, patin perkasa, gurame BIMA menjadi komoditas perikanan yang dapat dibudidayakan di masyarakat.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap agar masyarakat Papua dapat memiliki peluang baru dalam dunia usaha yang dapat menambah penghasilan rumah tangga sehingga dapat memberikan daya dukung yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button