Nasional

Kementerian ESDM-IRENA Tingkatkan Kerja Sama untuk Capai Nol Emisi

INDOPOSCO.ID – Kementerian ESDM dan International Renewable Energy Agency (IRENA) sepakat membangun kemitraan dan kerja sama yang lebih intensif dalam pengenalan dan penerapan peta jalan penurunan emisi karbon atau dekarbonisasi untuk mencapai target net zero emission atau nol emisi.

Kesepakatan ini dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Director General IRENA Francesco La Camera di sela agenda COP26 di Glasgow, Skotlandia, Kamis(4/11/2021).

“Kami membutuhkan dukungan dari negara lain dan organisasi internasional dengan keahlian seperti IRENA untuk mempersiapkan transisi energi Indonesia,” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif seperti dikutip Antara, Sabtu (6/11/2021).

Kerja sama dengan IRENA ini akan semakin memantapkan target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) nasional dan mensupport Presidensi G20 Indonesia pada 2022.

Untuk pertama kali, Indonesia menggenggam Presidensi G20 pada 2022, yang diserahkan secara resmi Perdana Menteri Italia Mario Draghi kepada Presiden Joko Widodo pada KTT G20 di Roma, Italia pada 31 Oktober 2021.

Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20. Forum kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara- negara dengan perekonomian besar di dunia itu sepakat untuk mengakhiri pendanaan batu bara luar negeri pada akhir 2021 dan membenarkan kedudukan penentuan harga karbon.

Indonesia telah berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030 dan telah menetapkan target net zero emission pada 2060 atau lebih cepat dengan dukungan internasional. Namun, ada banyak perihal yang harus dilakukan di dalam negeri dalam perihal kebijakan, teknologi, dan aliran keuangan.

Menurut laporan Outlook Transisi Energi Dunia IRENA, yang diluncurkan awal 2021, sebagian besar penurunan emisi dibutuhkan dekade ini dan dapat dicapai melalui perpaduan tekno.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button