Nasional

KPK Terus Dalami Intervensi Bupati Kuansing Terkait Izin HGU Sawit

INDOPOSCO.ID – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus melakukan pendalaman terkait dugaan adanya intervensi tersangka Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Andi Putra (AP) dalam memberikan izin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (4/11/2021) mengatakan intervensi Bupati Kuansing tersebut didukung dengan bukti adanya paket pemberian sejumlah uang dalam bentuk fee dan juga adanya rekomendasi perizinan dari pihak tertentu pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang tidak selayaknya dijadikan persyaratan pengajuan HGU dimaksud.

Ali menjelaskan, pada Rabu (3/11/2021) menjelaskan, tim penyidik telah memeriksa sejumlah saksi perkara dugaan tindak pidana korupsi (TPK) suap terkait perpanjangan HGU Sawit di Kabupaten Kuansing.

“Rabu (3/11/2021) bertempat di Kantor Ditreskrimsus Polda Riau, Pekanbaru, tim penyidik telah memeriksa sejumlah saksi untuk tersangka Andi Putra (AP) dan kawan-kawan,” kata Ali.

Ali menyebutkan, saksi-saksi yang telah diperiksa yakni Sri Ambar Kusumawati, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kampar; Umar Fathoni, Kabid Penetapan Hak dan Pendaftaran pada Kantor Wilayah Pertanahan Provinsi Riau; Hermen, Kabid Pengadaan Tanah dan Pengembangan pada Kantor Wilayah Pertanahan Provinsi Riau; Tarbarita Simorangkir, Kabid Penanganan Masalah dan Pengedalian Pertanahan pada Kantor Wilayah Pertanahan Provinsi Riau; Zulfadli, Kadis Perkebunan Provinsi Riau; dan Febrian Indrawarman, Analis Pemanfaatan Ruang pada Dinas PUPR, Tarkim dan Pertanahan Provinsi Riau.

Selanjutnya, Anton Suprojo, Perekayasa Muda pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau; Ruskandi, Kasi Survein Pemetaan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Kuantan Singingi; Masrul, Penata Pertanahan Muda Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran pada Kanwil Pertanahan Provinsi Riau; dan Risman Ali, Camat Singingi Hilir, pada Kabupaten Kuantan Singingi.

Untuk diketahui, Bupati Kuansing, Andi Putra dan General Manager PT. Adimulia Agrolestari, Sudarso terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Riau, Senin (18/10/2021) malam.

KPK secara resmi mengumumkan status tersangka terhadap kedua orang tersebut, pada Selasa (19/10/2021) malam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button